Saputra, Mediansyah Tri (2016) Meningkatkan Keterampilan Makan Menggunakan Sendok Melalui Teknik Modelling Pada Anak Low Vision Kelas I di SLB Amal Bhakti Sicincin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MEDIANSYAH_TRI_SAPUTRA_1105304_2972_2016.pdf [thumbnail of B1_2_MEDIANSYAH_TRI_SAPUTRA_1105304_2972_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_MEDIANSYAH_TRI_SAPUTRA_1105304_2972_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini diawali dengan permasalahan yang ditemukan di SLB Amal 
Bhakti Sicincin, seorang anak low vision yang mengalami kesulitan dalam cara 
makan. Hal ini terlihat pada saat peneliti melakukan pengamatan terhadap anak 
dan didapati makan belum sesuai dengan apa yang seharusnya. Penelitian ini 
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok melalui 
teknik modelling anak kelas I di SLB Amal Bhakti Sicincin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single 
subject research (SSR), dengan menggunakan desain A-B-A dan teknik analisis 
datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak low 
vision Target behavior dalam penelitian ini adalah cara makan menggunakan 
sendok yang baik dan benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan 
persentase dari jumlah butir instrumen yang dapat dilakukan dengan baik dan 
benar.
Pengamatan dilakukan dalam tiga sesi yaitu pertama, sesi baseline (A1) 
yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, hasil persentase dalam kondisi 
ini 10%, 10%, 20%, 20%, 20%, 20%. Kedua, sesi intervensi melalui teknik 
modelling (B) dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan, persentase 
keterampilan makan menggunakan sendok pada kondisi ini 25%, 40%, 50%, 60%, 
80%, 80%, 80%, 80%. Dan pada sesi akhir disebut juga dengan baseline (A2) 
kondisi awal setelah perlakuan dihentikan. Pada kondisi ini, persentase 
keterampilan makan menggunakan sendok 30%, 45%, 60%, 80%, 80%, 80%. 
Kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, kecenderungan jejak data, dan 
perubahan level meningkat secara positif, serta persentase overlap (data yang 
tmpang tindih) pada analisi antar kondisi adalah 0% dan 17%. Semakin kecil 
persentase overlap semakin kuat pengaruh intervensi terhadap perubahan 
perlakukan. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa teknik modelling efektif 
untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok bagi anak low 
vision. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan teknik 
modelling untuk meningkatkan tata cara makan menggunakan sendok
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 08 May 2025 02:41 | 
| Last Modified: | 08 May 2025 02:41 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10248 | 
 
         