Mardani, Mayang Hira (2021) Meningkatkan keterampilan menulis dengan metode Tracing Handwriting Without Tears untuk anak disgrafia kelas II: Single Subject Research di SDN 31 Pasir Kandang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MAYANG_HIRA_MARDANI_17003133_5504_2021.pdf [thumbnail of B1_2_MAYANG_HIRA_MARDANI_17003133_5504_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MAYANG_HIRA_MARDANI_17003133_5504_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti di
lapangan. Dimana peneliti menemukan masalah seorang anak kelas II, saat proses
pembelajaran bahasa indonesia dan guru mediktekan bacaan anak melihat-lihat teman.
Dari hasil pengamatan tersebut peneliti tertarik untuk mengajarkan anak dalam
meningkatkan keterampilan menulis dengan metode tracing handwriting without tears
karena anak belum bisa menulis huruf dengan benar.
Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan subjek tunggal (SSR)
dengan satu subjek yaitu AN yang duduk di kelas II di SDN 31 Pasir Kandang. Data
mengenai kemampuan peserta didik diperoleh melalui observasi dan tes. Desain A-B-A
digunakan untuk melihat tingkat kemampuan peserta didik dalam meningktkan
keterampilan menulis dengan metode tracing handwriting without tears sebelum diberi
intervensi (A1), saat diberikan intervensi (B), dan sesudah diberikan intervensi (A2).
Data sebelum diberikan intervensi (A1) yang dilakukan selama lima kali
pertemuan, yang mana hasil persentase jumlah yang benar di hari pertama sampai hari
kelima adalah 40%,30%,20%,20%20%. Ini menjelaskan adanya penurunan
kecendrungan jejak pada baseline (A1). Pada saat diberi intervensi (B) atau perlakuan
pada hari ke enam sampai hari ke sebelas dalam meningkatkan keterampilan menulis
hasil persentase meningkat dengan perolehan hasil: 70%,80%, 70%,90%,90%90%. Hal
ini menunjukkan bahwa kondisi intervensi meningkat pada kecendrungan jejak.
Selanjutnya pada tahap akhir baseline (A2) pada pengamatan hari ke dua belas sampai
denganhari ke enam belas perolehan hasil persentase nya adalah
90%,70%,90%,90%,90%. Pengamatandiberhentikan pada pegamatan ke enam belas
karena dirasa hasil sudah stabil dan tidak ada perubahanpada baseline (A2). Dari hasil
perolehan data di setiap kondisi, dapat diketahui bahwa metode tracing handwriting
without tears dapat meningkatkan keterampilan meenulis bagi anak disgrafia kelas II di
SDN 31 Pasir Kandang Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE TRACING HANDWRITING WITHOUT TEARS, DISGRAFIA. KETERAMPILAN MENULIS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 07 May 2025 09:23 |
Last Modified: | 07 May 2025 09:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10240 |