Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman

Asrika, Maya (2013) Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MAYA_ASRIKA_84561_3000_2013.pdf] Text
B1_2_MAYA_ASRIKA_84561_3000_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu unsur yang terlibat dalam proses pembelajaran.
berhasil atau tidaknya guru dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak
faktor, diantaranya yaitu bagimana pengembangan silabus, pengembangan RPP,
media, metode, alat, pelaksanaan dan penilaian dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan observasi ada guru di SMAN 1 Bonjol yang belum sepenuhnya
mengembangkan silabus dan RPP sesuai dengan prosedur pengembangannya serta
penggunaan media, metode, alat, dan pelaksanaan yang tidak sesuai dengan
perencanaan sehingga hasil pembelajaran belum tercapai seperti yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1) Pengembangan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (pengembangan silabus, pengembangan RPP,
penilaian) dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Bonjol, 2) Pengelolaan program
pengajaran (penggunaan metode, pelaksanaan pembelajaran) dalam pembelajaran
sejarah di SMAN 1 Bonjol, 3) Penggunaan media dan sumber pembelajaran (
penggunaan media , penggunaan alat, penggunaan lingkungan sebagai sumber
pembelajaran) dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Bonjol dalam pembelajaran
sejarah.
Jenis penelitian ini penelitian evaluatif. Informan yang digunakan adalah guru
mata pelajaran sejarah, siswa, wakil kepala bagian kurikulum SMAN 1 Bonjol
Kabupaten Pasaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, dokumen, dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan tahap-tahap
pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru sejarah di
SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman belum sepenuhnya terlaksana. Beberapa
hambatan yang ditemui dalam penguasaan kompetensi profesional oleh guru sejarah
terlihat masih kurangnya bahan ajar, media, metode, sumber belajar dan pelaksanaan
yang sesuai dengan RPP dan penilaian di dalam pembelajaran. Selanjutnya upaya
yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan guru, kemudian sekolah juga memperbanyak bahan ajar, media,
metode, sumber belajar, pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan RPP dan
penilaian dalam pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 07 May 2025 09:02
Last Modified: 07 May 2025 09:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10239

Actions (login required)

View Item
View Item