Pemberian Reinforcement dalam Pembelajaran Sosiologi di MAN 1 Padangsidimpuan

Vilda, Vilda (2018) Pemberian Reinforcement dalam Pembelajaran Sosiologi di MAN 1 Padangsidimpuan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_VILDA_14058014_1063_2018.pdf] Text
B1_04_VILDA_14058014_1063_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemberian reinforcement dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran sosiologi. Dewasa ini guru lebih fokus bagaimana cara mengkonstruksi pengetahuan siswa namun mengabaikan penguatan yang harus diberikan kepada siswa sebagai sarana motivasi sekaligus mengubah tingkah laku negatif siswa menjadi tingkah laku positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemberian reinforcement dalam pembelajaran sosiologi di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber dan teori belajar behavioristik dari B. F Skinner. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini adalah guru sosiologi dan siswa MAN 1 Padangsidimpuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangluasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian memperlihatkan bahwa bentuk penguatan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sosiologi adalah penguatan verbal dan penguatan non verbal dengan tindakan positif dan tindakan negatif. Penguatan verbal yang diberikan guru berupa reward (pujian, penghargaan), persetujuan, teguran dan peringatan. Penguatan non verbal yang diberikan oleh guru berupa senyuman, simbol (nilai), anggukan kepala, berjalan mendekati siswa dan berdiri disampingnya serta muka masam. Kendala-kendala dalam memberikan penguatan adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, suasana hati dan kesehatan guru serta waktu dan cuaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: REINFORCEMENT DAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 07 May 2025 09:01
Last Modified: 07 May 2025 09:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item
View Item