Teaching Oral Description to Seventh Grade Students of Junior High School by Using Talking Box

Khairiah, Hasanatul (2011) Teaching Oral Description to Seventh Grade Students of Junior High School by Using Talking Box. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_HASANATUL_KHAIRIAH_72865_5684_2011.pdf] Text
B1_HASANATUL_KHAIRIAH_72865_5684_2011.pdf

Download (425kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan, dalam proses belajar mengajar
sebagian siswa mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa inggris. Khususnya
bagi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), mereka merasa malu dan
takut untuk berbicara dalam bahasa inggris. Salah satu penyebab permasalahan ini
adalah kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan metode atau teknik dalam
mengajar bahasa inggris, sehingga siswa mengalami benturan benturan dalam
belajar bahasa inggris.Khususnya bagi siswa SLTP kelas satu, mereka tidak
mampu mendeskripsikan suatu benda secara oral dalam bahasa inggris, karena
siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengungkapakan bahasa yang
dipakai untuk mendeskripsikan benda,orang dan tempat dalam bahasa inggris.
Dari alasan diatas dapat disimpulkan bahwa siswa SLTP kelas satu mengalami
kesulitan dalam mendeskripsikan benda secara oral dengan baik.
Untuk mengatasi kesulitan siswa SLTP dalam mendeskripsikan benda
secara oral, maka ada beberapa teknik yang dapat diterapakan oleh guru, salah
satunya adalah menggunakan talking box. Pada teknik ini, pertama guru
menyiapakan dan memperlihatakan sebuah kotak yang telah didekorasi dengan
indah dan berwarna warni agar terlihat menarik bagi siswa. Kemudian kotak
tersebut diisi dengan benda-benda yang juga menarik, seperti mainan anak anak
atau benda benda lain yang dapat dideskripsikan siswa secara oral.Guru
menunjukkan kepada siswa benda-benda tersebut dan mendeskripsikannya secara
oral didepan kelas. Selanjutnya, siswa mendeskripsikan benda kesayangannya
kedepan kelas, seperti boneka, mobil-mobilan, foto atau gambar-gmbr keluarga
dan idola mereka. Teknik ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan
keberanian dan mempertajam kemampuan berbicara siswa SLTP kelas satu dalam
berbicara bahasa inggris, khususnya dalam mendeskripsikan benda, orang dan
tempat secara oral dengan baik.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:21
Last Modified: 07 Feb 2025 03:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item
View Item