Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Asnita, Asnita (2020) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ASNITA_16016046_579_2020.pdf] Text
B1_2_ASNITA_16016046_579_2020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang
sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan
tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20
Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, menganalisis
pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap tingkat keterampilan
menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20
Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 247 orang. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah
keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model
discovery learning . Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata
hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis
teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan
menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa
kelas VIII SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup
(LdC) dengan rata-rata 68,55. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi
sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 20
Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 79,00. Ketiga,
berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan
derajat kebebasan karena thitung>ttabel, yaitu 4,13>1,70.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan
bahwa penggunaan pembelajaran discovery learning berpengaruh secara
signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 20 Padang. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif model pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi di tingkat
SLTP

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 07 May 2025 06:10
Last Modified: 07 May 2025 06:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item
View Item