The Relationship of Students’ Metacognitive Reading Strategies Awareness and Reading Comprehension Skill: The Cast of Sixth Semester Students of English Department Universitas Negeri Padang (UNP)

Wahyuni, Zuledwi (2018) The Relationship of Students’ Metacognitive Reading Strategies Awareness and Reading Comprehension Skill: The Cast of Sixth Semester Students of English Department Universitas Negeri Padang (UNP). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_03_ZULEDWI_WAHYUNI_1300938_4976_2018.pdf] Text
B1_2_03_ZULEDWI_WAHYUNI_1300938_4976_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level atau tingkat kesadaran mahasiswa dalam menggunakan strategi metakognitif dalam membaca, tipe strategi yang sering digunakan oleh mahasiswa ketika membaca, level atau tingkat pemahaman mahasiswa dalam membaca, dan korelasi antara kesadaran mahasiswa dalam menggunakan strategi metakognitive dan pemahaman dalam membaca.
Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan populasi mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang (UNP). Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan sample kelas dimana sampel diambil satu kelas dari lima kelas Bahasa dan Sastra Inggris. Jumlah sampel penelitian adalah 29 orang dari kelas K1-15 dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Penulis memberikan angket dan tes TOEFL kepada mahasiswa tersebut.
Data yang diperoleh berupa angket yang telah diisi dan lembar jawaban tes TOEFL. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa level atau tingkat kesadaran mahasiswa dalam menggunakan strategi metakognitif pada level medium. Kemudian, tipe strategi yang sering digunakan oleh mahasiswa ketika membaca adalah Problem-Solving Reading Strategies (PROB). Pada tingkat pemahaman mahasiswa terletak pada level rendah atau bisa dikatakan mahasiswa tidak terlalu paham akan bacaan itu sendiri. Yang terakhir, untuk korelasi, berdasarkan data yang didapatkan menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara kesadaran mahasiswa dalam menggunakan strategi metacognitif dan pemahaman mereka ketika membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METACOGNITIVE READING STRATEGIES AWARENESS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 07 May 2025 04:17
Last Modified: 07 May 2025 04:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item
View Item