Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Darti, Eli (2013) Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELIDARTI_59917_6459_2013.pdf] Text
B1_1_ELIDARTI_59917_6459_2013.pdf

Download (191kB)

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa disiplin kerja yang
dimiliki oleh guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai masih kurang baik. Ini terlihat
dari ketidaktaatan dan kepatuhan guru dalam melaksanakan tugasnya, seperti masih
adanya guru yang terlambat datang ke sekolah. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh
terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan.
Selanjutnya, peneliti menduga bahwa motivasi berprestasi guru dan pengawasan kepala
sekolah mempengaruhi disiplin kerja yang dimiliki oleh guru SMP Negeri Kecamatan
IV Jurai. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi motivasi berprestasi guru dan
pengawasan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SMP Negeri Kecamatan IV
Jurai. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) motivasi berprestasi
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, (2) pengawasan kepala sekolah berkontribusi
terhadap disiplin kerja guru, (3) motivasi berprestasi dan pengawasan kepala sekolah
secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kecamatan IV
Jurai yang berjumlah 179 orang. Sampel penelitian berjumlah 73 orang yang diambil
dengan teknik Stratified proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan
strata golongan dan masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian
dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) motivasi berprestasi berkontribusi
terhadap disiplin kerja guru sebesar 30,8%, (2) pengawasan kepala sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 18,8%,(3) motivasi berprestasi dan
pengawasan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja
guru sebesar 41,3%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa motivasi
berprestasi dan pengawasan kepala sekolah berada pada kategori baik (84,64% dan
81,35% dari skor ideal), sedangkan disiplin kerja guru masih berada pada kategori
cukup dengan skor 75,79% dari skor ideal.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa motivasi berprestasi dan pengawasan
kepala sekolah adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap disiplin kerja guru,
akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap disiplin kerja guru
yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 May 2025 03:50
Last Modified: 07 May 2025 03:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item
View Item