Khiari, Mauizatul (2016) Persepsi Guru dan Siswa tentang Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MAUIZATUL_KHIARI_1101684_1397_2016 1.pdf [thumbnail of B1_2_MAUIZATUL_KHIARI_1101684_1397_2016 1.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_MAUIZATUL_KHIARI_1101684_1397_2016 1.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi awal penulis pada tanggal 20, 23, 27-
28 Februari, dan 2 Maret 2015 di kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Padang, bahwa 
pada saat proses pembelajaran sejarah, guru mata pelajaran sejarah dan siswa 
lebih banyak yang memanfaatkan internet sebagai sumber belajar sejarah 
dibandingkan buku teks, padahal di SMA tersebut buku teks tersedia lengkap di 
perpustakaan sekolah. Idealnya pemanfaatan buku teks lebih utama dibandingkan 
sumber internet karena buku teks merupakan sumber wajib yang harus 
dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, 
timbul kebingungan peneliti, kenapa guru dan siswa lebih banyak yang 
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa 
tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah 
di SMA Negeri 10 Padang. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan 
pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara 
dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang guru sejarah dan 
21 orang siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Padang. Keabsahan data dalam 
penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triangulasi data. Kemudian data 
yang terkumpul dianalisis dengan interaktif yang terdiri dari reduksi data, 
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Berdasarkan hasil temuan lapangan menunjukkan bahwa internet lebih 
banyak dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai sumber belajar dibandingkan 
buku teks sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 10 Padang. Sebagian 
guru dan siswa menyatakan bahwa internet memberikan kemudahan bagi guru 
dan siswa dalam mengimplementasikan proses pembelajaran sejarah, memberikan 
kemudahan dalam memperoleh materi sejarah yang banyak dalam waktu singkat, 
mempermudah dalam melihat peristiwa-peristiwa bersejarah, namun ada kesulitan 
dalam mencari materi yang aktual di internet sebagai sumber belajar bagi siswa 
yaitu banyaknya literature membuat siswa malas membaca dan menganalisa 
materi sejarah. Siswa kebanyakan hanya mengcopy paste tugas yang mereka 
ambil di internet sehingga membuat lemahnya daya berfikir siswa. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, internet sebagai 
sumber belajar memberikan kemudahan bagi guru dan sebagian siswa dalam 
mengimplementasikan pembelajaran sejarah. Diharapkan kepada guru agar dapat 
memotivasi siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar sesuai 
dengan kebutuhan pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 06 May 2025 08:27 | 
| Last Modified: | 06 May 2025 08:27 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10176 | 
 
         