Widyastuti, Ayu (2017) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X IPS 1 dalam Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_AYU_WIDYASTUTI_1302199_5107_2017.pdf [thumbnail of B1_04_AYU_WIDYASTUTI_1302199_5107_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_AYU_WIDYASTUTI_1302199_5107_2017.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sosiologi pada siswa X IPS 1 SMA Negeri 2 Padang dengan tahun ajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Padang yang berjumlah 35 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Secara keseluruhan pada siklus I indikator aktivitas terendah dengan persentase 11 % dan indikator tertinggi dengan persentase 100%. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru dengan pemberian reward bagi siswa yang melaksanakan aktivitas di kelas dan memberikan motivasi-motivasi positif agar siswa dapat terpacu dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas pada siklus II dengan indikator aktivitas terendah yang persentasenya 34% dan indikator aktivitas tertinggi dengan persentase 100%. Dengan demikian, penggunaan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X IPS 1 SMA N 2 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan siswa, pembelajaran sosiologi, model Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 06 May 2025 08:27 |
Last Modified: | 06 May 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10175 |