Pelaksaan Fungsi Edukasi Keluarga pada Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi Covid19 (Studi Kasus: Keluarga Buruh Tani di Desa Balai Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman)

Mizwar, Ayu (2020) Pelaksaan Fungsi Edukasi Keluarga pada Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi Covid19 (Studi Kasus: Keluarga Buruh Tani di Desa Balai Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_AYU_MIZWAR_16058070_2503_2022.pdf] Text
B1_04_AYU_MIZWAR_16058070_2503_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini karena masuknya Covid-19 ke Indonesia membuat masyarakat mengalami keterbatasan dalam melakukan aktifitas, sehingga banyak sekolah, intansi dan kantor yang tutup selama pandemic. Pembatasan kegiatan dilakukan meliputi liburan siswa sekolah dan dialihkan menjadi aktivitas belajar dirumah yang dikenal secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi edukasi keluarga buruh tani dalam pembelajaran daring di era pandemic Covid-19 di (Desa Balai Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman). Pada masa pembelajaran daring di era Covid-19 keluarga sebagai kelompok primer harus berpartipasi aktif menjalankan fungsi edukasi terhadap anak. Dimana dengan diterapkannya sistem pembelajaran daring yang mewajibkan anak untuk belajar di rumah menjadi problem bagi keluarga buruh tani di Desa Balai Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Namun keluarga buruh tani masih memprioritaskan pendidikan anak di samping menjalankan profesi sebagai buruh tani dari segi ekonomi yang kurang mencukupi, dan tingkat pendidikan yang rendah, Keluarga tetap menjalankan fungsi edukasi terhadap anak dalam pembelajaran daring di era Pandemi Covid-19. Untuk menganalisis permasalahan penelitian ini, penulis menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Melalui konsep empat unsur penting untuk melaksanakan sistem agar tetap bertahan, keempat sistem itu iyalah Adaptation (Adaptasi), Goal (Pencapaian tujuan), Integration (Penyatuan), Latency (Pemeliharaan pola). Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus serta teknik pemilihan informan ialah teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan maka dapat peneliti tarik kesimpulan bahwa pelaksanaan fungsi edukasi oleh keluarga buruh tani terhadap anak dalam pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 adalah: (1) Fungsi Afeksi (sikap), (2) Fungsi Psikomotor (keterampilan), (3) Fungsi Kognitif (pengetahuan).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Daring, Covid-19, Fungsi Edukasi, Keluarga Buruh Tani
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 06 May 2025 08:26
Last Modified: 06 May 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item
View Item