Septian, Arvan (2013) Hubungan Keaktifan Mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP di Organisasi Kemahasiswaan dengan Kegiatan Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ARVAN_SEPTIAN_97137_5979_2013.pdf [thumbnail of B1_2_ARVAN_SEPTIAN_97137_5979_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ARVAN_SEPTIAN_97137_5979_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada mahasiswa
Jurusan Sejarah FIS UNP yang aktif di organisasi kemahasiswaan dalam mengikuti
proses perkuliahan yaitu kurangnya kegiatan belajar mereka. Disamping itu,
organisasi kemahasiswaan merupakan sarana dan wadah dalam menunjang
kreatifitas dan potensi diri bagi mahasiswa. Sehubungan dengan itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan keaktifan mahasiswa di
organisasi kemahasiswaan dengan kegiatan belajar mahasiswa Jurusan Sejarah FIS
UNP.
Jenis penelitian ini ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Jurusan Sejarah yang aktif di organisasi kemahasiswaan yang terdiri
dari angkatan 2009, 2010, dan 2011 berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 33 orang yang ditentukan mengggunakan rumus Slovin dengan teknik
pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling. Data keaktifan mahasiswa
di organisasi kemahasiswaan dan kegiatan belajar diperoleh dari penyebaran
angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
rumus Korelasi Product Moment dan untuk kontribusinya menggunakan koefisien
determinan.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung 0,375 > r
tabel 0,367 yang berarti secara statistik terdapat hubungan antara keaktifan
mahasiswa di organisasi kemahasiswaan dengan kegiatan belajar mahasiswa
Jurusan Sejarah FIS UNP dengan koefisien determinan atau besaran kontribusi
sebesar 14,06 %. Tapi dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator
keaktifan mahasiswa dengan kegiatan belajar diperoleh bahwa indikator 1 yaitu
keterlibatan mental perasaan dan indikator 3 yaitu tanggung jawab tidak
mempunyai hubungan dengan kegiatan belajar karena r hitung < r table, Sedangkan
indikator 2 mempunyai hubungan karena r hitung > r table.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara keaktifan mahasiswa di organisasi kemahasiswaan dengan
kegiatan belajar mahasiswa. Dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator
keaktifan mahasiswa di ormawa dengan kegiatan belajar menunjukan bahwa tidak
semua indikator keaktifan mahasiswa di ormawa yang mempunyai hubungan
dengan kegiatan belajar. Hanya satu indikator saja yang mempunyai hubungan.
Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada mahasiswa agar dapat mengontrol
dirinya agar keterlibatan mereka dalam organisasi tidak menjadi penghambat dalam
perkuliahan. Disamping itu keaktifan mahasiswa di organisasi supaya dijadikan
tidak hanya untuk menunjang kegiatan belajar saja tapi juga bisa menunjang peranannya dalam masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Organisasi Kemahasiswaan |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 06 May 2025 08:26 |
Last Modified: | 06 May 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10162 |