Fujiara, Hilmy (2021) Evaluasi Sifat Mekanik dan Baja Tulangan Akibat Perlakuan Pembengkokan. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_HILMY_FUJIARA_18062030_1603_2022.pdf.pdf [thumbnail of B1_2_HILMY_FUJIARA_18062030_1603_2022.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_HILMY_FUJIARA_18062030_1603_2022.pdf.pdf
Download (4MB)
Abstract
Dalam dunia kontruksi sering dijumpai tulangan baja yang dibengkokan
dikarenakan kebutuhan pembongkaran gedung, pembuatan begel, kebutuhan
transportasi, dan pemanfaatan tulangan sisa bongkaran untuk menghemat biaya.
Perlakuan pembengkokan pada baja tulangan berkemungkinan akan
mempengaruhi sifat mekanis dari baja tulangan tersebut. Untuk mengetahui
seberapa besar perubahan sifat mekanis tersebut, maka dilakukan penelitian
tentang pengaruh bengkokan baja tulangan terhadap sifat mekanis baja tulangan
yang mengalami pembengkokan sebanyak 1, 2, dan 3 kali. Kemudian baja
tersebut diluruskan kembali dan dilakukan pengujian kuat tarik untuk mengetahui
nilai kuat tarik dan modulus elastisitas. Sifat penelitian ini adalah bersifat
kuantitatif dengan metode eksperimental. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa
baja tulangan yang telah mengalami pembengkokan lalu diluruskan kembali,
mempunyai kekuatan yang lebih rendah disbanding baja tulangan kontrol atau
baja tulangan yang tidak mengalami pembengkokan. Perhitungan dari data-data
yang didapatkan menunjukan nilai kuat tarik baja tulangan pada tulangan polos
untuk pembengkokan 1 kali menurun sebesar 0,05%, pembengkokan 2 kali
menurun 0,19%, dan pembengkokan 3 kali mengalami penurunan sebesar 0,79%.
Penurunan modulus elastisitas pada tulangan polos pembengkokan 1 kali sebesar
21,03%, pembengkokan 2 kali menurun 24,72%, dan pembengkokan 3 kali
menurun sebesar 26,65%. Pada baja tulangan sirip juga mengalami penurunan
kuat tarik pada pembengkokan 1 kali sebesar 0,3%, pembengkokan 2 kali
menurun 1,18%, dan pada pembengkokan 3 kali menurun sebesar 5,45%.
Modulus elastisitas pada baja tulangan sirip juga mengalami penurunan pada
bengkok 1 kali sebesar 11,85%, pembengkokan 2 kali menurun 20,42% dan pada
pembengkokan 3 kali sebesar 27,76%.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:34 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1010 |