Andriani, Lisa (2017) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sosiologi Melalui Variasi Sumber Belajar pada Kelas XI IPS SMAN 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_LISA_ANDRIANI_1302190_5338_2017.pdf [thumbnail of B1_04_LISA_ANDRIANI_1302190_5338_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_LISA_ANDRIANI_1302190_5338_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kurangnya penggunaan sumber belajar di saat proses pembelajaran membuat siswa terbatas dalam mengembangkan kemampuan berpikir mereka, sehingga hal tersebut menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sosiologi di dalam kelas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa saat proses pembelajaran melalui variasi dalam penggunaan sumber belajar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat dan mengukur peningkatan aktivitas siswa menggunakan variasi dalam sumber belajar serta dapat memberikan gambaran umum bahwa dengan menggunakan variasi dalam sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas XI IPS 3 SMA N 5 Bukittinggi untuk mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan yang terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Pada kegiatan perencanaan merupakan kegiatan awal yang dilakukan sebelum mealakukan tindakan penelitian dengan memepersiapkan hal-hal yang dibutuhkan selama proses pembelajaran. Pelaksanaan tindakan merupakan pelaksanaan semua yang telah direncanakan dalam kegiatan perencanaan dilakukan padak egiatan ini. Setelah dilakukannya tindakan, kegiatan selanjutnya adalah observasi atau pengamatan yang dilakukan saat pelaksanaan tindakan untuk melihat dan mengukur tingkat keaktifan siswa. Kegiatan akhir dalam penelitian ini ialah refleksi, kegiatan ini dilakukan untuk melihat kekurangan dan kelemahan dan memperbaiki kekurangan tersebut untuk pertemuan selanjutnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa saat proses pembelajaran terjadi peningkatan, siswa dapat memberikan respon, bertanya dan mengemukakan pendapat. Peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya 13,1% pada siklus I dan 51% pada siklus II. Aktivitas dalam memberikan respon pada siklus I 18,7% dan menjadi 45% pada siklus II, dan aktivitas dalam mengemukakan pendapat sebesar 28,1% pada siklus I dan menjadi 49% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka kesimpul an penelitian tindakan kelas ini dengan menggunakan variasi sumber belajar saat pembelajaran sosiologi di dalam kelas dapat meningkatkan aktivitas siswa, peningkatan tersebut terjadi diseluruh aspek yakni dengan presentase 37,9% untuk aktivitas bertanya, peningkatan dalam aspek memberikan respon meningkat sebesar 26,3%, sedangkan untuk aktivitas dalam mengemukakan pendapat juga meningkat sebesar 20,9%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Siswa, Sumber Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 05 May 2025 05:02 |
Last Modified: | 07 May 2025 09:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10011 |