Mukhlis, Sani Kasih (2021) Hubungan antara Kinerja Pembelajaran Tutor dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Program Paket B Di SPNF Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_SANIA_KASIH_MUKHLIS_3437_17005188_2021.pdf [thumbnail of B1_04_SANIA_KASIH_MUKHLIS_3437_17005188_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_SANIA_KASIH_MUKHLIS_3437_17005188_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kinerja pembelajaran tutor, melihat gambaran hasil belajar mata pelajaran IPA, dan melihat hubungan antara kinerja pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah warga belajar Kelas VIII Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman yang berjumlah 180 orang. Sampel diambil 25% dari populasi yaitu 45 orang dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rumus product moment Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) kinerja pembelajaran tutor tergolong rendah, (b) Hasil Belajar mata pelajaran IPA program paket B di SPNF Kabupaten Pasaman tergolong cukup dan, (c) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kinerja pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman. Disarankan kepada tutor mata pelajaran IPA agar dapat memperhatikan kinerja dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas demi meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman, kepada pengelola SPNF Kabupaten Pasaman agar dapat mendorong tutor untuk lebih mengoptimalkan kinerja pembelajaran demi tercapai tujuan pembelajaran Program Paket B di SPNF Kabupaten Pasaman, dan kepada peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda guna memperdalam kajian mengenai hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Pembelajaran Tutor, Hasil Belajar , Program Paket B |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 05 May 2025 05:02 |
Last Modified: | 05 May 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10006 |