Arief, Akhsan (2016) Kontribusi Kompetensi Profesional dan Komitmen terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_AKHSAN_ARIEF_19015_2813_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan data diperoleh informasi bahwa Kinerja Guru SMP Negeridi Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman masih rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya persiapan guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, dan analisisnya serta pelaksanaan bimbingan dan pelatihan.. Semua itu tentunya akan mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran yang akhirnya mutu pendidikan juga tidak dapat diwujudkan sebagaimana mestinya. Kemudian, peneliti menduga bahwa Kompetensi Profesional danKomitmen mempengaruhi Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Untuk menjawabnya perlu dilakukan penelitian untukmenguji kebenarannya dan mengungkap seberapa besar kontribusi kedua variabeltersebut terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Bonjol, KabupatenPasaman. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Kompetensi Profesional berkontribusi positif terhadap Kinerja Guru, (2) Komitmen berkontribusi positif terhadap Kinerja Guru, dan (3) Kompetensi Profesional dan Komitmen bersama-sama berkontribusi positif terhadap Kinerja Guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri diKecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman yang berjumlah orang. Sampel penelitian berjumlah 36 orang yang diambil dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling, dengan mempertimbangkan strata masa kerja dantingkat pendidikan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reabilitasnya. Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.Hasil analisis menunjukan bahwa ; (1) Kompetensi Profesional berkontribusi 14,4 % terhadap Kinerja Guru (2) Komitmen berkontribusi 11,8 % terhadap Kinerja Guru dan (3) Kompetensi Profesional dan Komitmen bersama-sama berkontribusi 19,5 % terhadap Kinerja Guru. Kemudian hasil analisis deskriptif menunjukan Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru berada pada kategori cukup dengan capaian skor masing-masing 75,90 % dan 76,36 % sedangkan Komitmen berada pada kategori baik dengan capaian skor 85,40 % Temuan penelitian di atas mengimplikasikan bahwa Kompetensi Profesional dan Komitmen merupakan dua faktor yang berpengaruh terhadap Kinerja Guru , namun perlu juga diketahui bahwa masih ada faktor lain yang ikut mempengaruhi Kinerja Guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional; Komitmen; Kinerja Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:54 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/100 |