Pengaruh Penggunaan Strategi GIST (Generating, Interaction, Schemata and Text) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang

Sitohang, Hanida Mahdalena (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi GIST (Generating, Interaction, Schemata and Text) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_HANIDA_MAHDALENA_SITOHANG_20016076_4499_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan strategi GIST (Generating, Interaction, Schemata and Text), (2) keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) pengaruh strategi GIST (Generating, Interaction, Schemata and Text) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan Postest Only Control Group Design, populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sumpling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan strategi GIST dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan menggunakan strategi GIST dan skor keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan strategi GIST, berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 81,88. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan model pembelajaran konvensional, berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 74,9. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H 1 ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (n1+n2-2) karena t hitung >t tabel , yaitu (3,69>2,00). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan strategi GIST lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2024 05:00
Last Modified: 28 Oct 2024 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54821

Actions (login required)

View Item View Item