Pengaruh Kegiatan Usap Abur Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Menggambar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang

Yaasin, Jasmine (2024) Pengaruh Kegiatan Usap Abur Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Menggambar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_JASMINE_YAASIN_20022156_4849_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya kemampuan menggambar anak. Hal ini sesuai dengan observasi yang telah dilakukan di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang ditemukan anak terlihat kurang antusias untuk melakukan aktivitas menggambar, hal ini disebabkan karena anak melakukan kegiatan menggambar masih dilakukan dengan teknik yang monoton. yaitu dengan teknik menggambar bebas dan menggambar garis serta alat dan bahan yang digunakan kurang bervariasi yaitu hanya menggunakan media pensil, dan krayon digoreskan pada kertas yang mengakibatkan kemampuan anak dalam menggambar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan usap abur tiga dimensi terhadap kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen yang bertujuan mengungkapkan pengaruh Kegiatan Usap Abur Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Menggambar Anak Di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Mei sampai 27 Mei 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yaitu kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B3 sebagai kelas kontrol yang masing masing berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pernyataan sebanyak 6 butir pernyataan. Data diolah menggunakan uji perbedaan (t-test) menggunakan aplikasi SPSS 25 dengan taraf signifikan 5% (=0,05) Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak melalui kegiatan mewarnai kurang memperoleh kenaikan yaitu pada pre test diperoleh rata-rata sebesar 12,67 dan post test rata-rata 17,08. Sementara kemampuan menggambar anak dengan menggunakan Kegiatan Usap Abur Tiga Dimensi memperoleh kenaikan yang signifikan yaitu pada pre test rata rata 12,58 dan post test dengan rata-rata 19,58. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 25 dapat diketahui bahwa sig (2-tailed) adalah sebesar 0,024 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan usap abur tiga dimensi dapat berpengaruh terhadap kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang dengan perolehan hasil data yang meningkat dan signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:54
Last Modified: 28 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54815

Actions (login required)

View Item View Item