Salsabila, Aliyah
(2024)
Efektivitas Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anaka Gangguang Spektrum Autisme.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang siswi autis ringan yang belum mampu mengucapkan Bahasa ekspresif padahal siswa sudah berada di kelas IV SLB. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan kemampuan mengucapkan Bahasa ekspresif sekaligus untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Media video animasi adalah media pembelajaran berbasis audiovisual yang terdapat unsur visual dan suara, video animasi dibuat dari animasi-animasi yang bergerak dan memiliki suara yang dapat menarik minat siswa belajar mengucapkan Bahasa ekspresif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengucapkan Bahasa ekspresif siswa autis ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Kota Payakumbuh setelah menggunakan video animasi.
Jenis penelitian ini dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 3 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 14 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dengan Teknik tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrument tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrument tes perbuatan dalam bentuk daftar checklist. Kemudian data analisis dengan Teknik visual grafik.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A) diperoleh hasil 0%, 0%, 0%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 10%, 20%, 30%, 50%, 60%, 60%, 70%, 90%, 90%, 90%, 90%, 90%, 90%, 90%. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengucapkan Bahasa ekspresif pada siswa autis ringan meningkat setelah menggunakan video animasi.
Actions (login required)
|
View Item |