Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.

Oktania, Winda (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_WINDA_OKTANIA_20129093_5923_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan guru belum optimal dalam memanfaatkan model dan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan model Discovery Learning berbantuan media audiovisual pada peserta didik kelas V SDN 01 pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ini didapat dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta didik) dan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 01 Pancung Soal yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan modul ajar: a) modul ajar menunjukkan rata-rata pada siklus I 87,49% baik (B) meningkat menjadi 95,83% sangat baik (SB) pada siklus II, b) pelaksanaan aspek guru siklus I 81,25% baik (B) meningkat menjadi 93,75% sangat baik (SB) pada siklus II, sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik pada siklus I 81,25% baik (B) meningkat menjadi 93,75% sangat baik (SB) pada siklus II, c) penilaian terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 71,88 cukup (C) dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,60 baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik di kelas V SDN 01 Pancung Soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS, TEKS EKSPLANASI, MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:02
Last Modified: 24 Oct 2024 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54752

Actions (login required)

View Item View Item