Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 03 Kampung Nan VI Kabupaten Pasaman.

Putri, Vina Sartika (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 03 Kampung Nan VI Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_VINA_SARTIKA_PUTRI_20129361_5280_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perencanaan pembelajaran yang belum maksimalnya pelaksanaan pembelajaran pendidikan pancasila oleh guru dalam membimbing peserta didik saat pembelajaran, sehingga kurang terlihatnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian peserta didik dalam menyampaikan pendapat, dan tidak terlihat kerja sama dalam pelaksanaan kelompok belajar. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di kelas V SDN 03 Kampung Nan VI Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah pendidik dan 17 peserta didik kelas V SDN 03 Kampung Nan VI Kabupaten Pasaman. Penelitian dilaksanakan pada bulan April semester II tahun ajaran 2023/2024. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari penyusunan modul ajar yakni pada penelitian siklus I modul ajar diperoleh 81,94% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek pendidik dan peserta didik memperoleh hasil yang sama yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 80% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 77,79 dalam kategori cukup (C) meningkat pada siklus II 90,88 termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V SD Negeri 03 Kampung Nan VI Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN PENDIDIKAN, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:46
Last Modified: 23 Oct 2024 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54702

Actions (login required)

View Item View Item