Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman.

Yola, Septi (2024) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Pariaman. Skripsi thesis, Pendidikan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_4_SEPTI_YOLA_20005060_5624_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman. Hal ini dikarenakan rendahnya motivasi belajar warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan motivasi belajar warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman; 2) menggambarkan kemandirian belajar warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman; 3) melihat hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini yaitu semua warga belajar program kesetaraan paket C yang terdaftar pada SPNF SKB kota Pariaman tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 110 warga belajar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode stratified random sampling, jadi total sampel yang peneliti ambil sebanyak 57 orang warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini yakni: 1) Motivasi belajar warga belajar program kesetaraan paket c di SPNF SKB kota Pariaman tergolong rendah; 2) Kemandirian belajar warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman; 3) Analisis data korelasi product moment yang dilakukan didapatkan r hitung = 0,381 serta nilai tersebut dikonsultasikan dengan r tabel = 0,260 dengan N = 57 dari hasil konsultasi tersebut didaptkan r hitung > r tabel apabila berpatokan pada taraf kepercayaan 5% yaitu 0,260. Apabila r hitung lebih besar dari r tabel maka Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar warga belajar program kesetaraan paket C di SPNF SKB kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
CorrectorArini, Firri DwiUNSPECIFIED
CorrectorRosi, Muhammad FahrurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Oct 2024 05:11
Last Modified: 21 Oct 2024 05:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54649

Actions (login required)

View Item View Item