Analisis Faktor Pendorong dan Penghambat Mahasiswa Departemen Teknik Mesin FT-UNP untuk Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Subakti, Muhammad (2024) Analisis Faktor Pendorong dan Penghambat Mahasiswa Departemen Teknik Mesin FT-UNP untuk Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_SUBAKTI_20067014_3829_2024.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah fenomena yang terjadi pada partisipasi mahasiswa di Departemen Teknik Mesin FT-UNP dalam Program Kreativitas Mahasiwa, dalam tiga tahun terakhir terhitung dari tahun 2021 s.d. 2023, hanya lima belas mahasiswa yang berhasil mencapai tahap lolos pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), akan tetapi pada tahun 2023 Departemen Teknik Mesin FT-UNP mengirim 29 tim serta proposal untuk diseleksi secara internal, namun hanya satu tim yang berhasil mencapai tahap pendanaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendorong partisipasi mahasiswa serta penyebab terhambatnya partisipasi mahasiswa dalam PKM. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling, dengan total 286 responden yang merupakan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin, D3 Teknik Mesin, dan S1 Teknik Mesin dari angkatan 2020 s.d. angkatan 2023. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS 4.1.0.0 dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian faktor pendorong pengaruh langsung menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara Dukungan Informasi dari Universitas dan Program Kreativitas Mahasiswa, dengan nilai Path Coefficient sebesar 0,189, nilai T statistics 2,621 dan P values sebesar 0,009. Temuan ini mengindikasikan bahwa Dukungan Informasi dari Universitas sebagai indikator utama yang mendorong partisipasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa. Sedangkan hasil penelitian untuk faktor penghambat pengaruh langsung menunjukkan adanya hubungan positif antara Perhatian dan Program Kreativitas Mahasiswa, dengan nilai Path Coefficient 0,026, nilai t-statistik sebesar 0,367 dan P values sebesar 0,714. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor penghambat mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di Departemen Teknik Mesin FT-UNP terutama berasal dari Perhatian sebagai indikator utama yang menghambat partisipasi mahasiswa dalam PKM. Begitu juga dengan hasil penelitian pengaruh secara tidak langsung, Keluarga memiliki nilai positif dan signifikan terhadap Program Kreativitas Mahasiswa melalui variabel mediasi Problem Solving dengan nilai Path Coefficient sebesar 0,221, nilai T statistics 3,414 dan P values sebesar 0,001. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor penghambat mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa melalui variabel mediasi di Departemen Teknik Mesin FT-UNP yaitu berasal dari Keluarga sebagai indikator utama yang menghambat partisipasi mahasiswa dalam PKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
CorrectorAbadi, ZainalUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS MAHASISWA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:12
Last Modified: 18 Oct 2024 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54621

Actions (login required)

View Item View Item