Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sway pada Pembelajaran IPAS untuk Kelas IV Sekolah Dasar.

Maulidia, Nesha (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sway pada Pembelajaran IPAS untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_NESHA_MAULIDIA_19129140_4469_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih dalam bentuk cetak, penyajian materi dalam bentuk teks bacaan tidak dapat memberikan visualisasi nyata tentang materi sehingga membuat peserta didik menjadi cepat bosan dan motivasi belajar peserta didik kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi transformasi energi di sekitar kita menggunakan aplikasi Sway di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Multimedia interaktif yang dibuat kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri atas validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli bahasa, untuk praktikaitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan respon peserta didik dan untuk efektivitas dilakukan dengan penilaian hasil belajar dengan memberikan tes berupa soal-soal yang berkaitan dengan indikator pembelajaran. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 26 orang peserta didik yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 13 orang perempuan di kelas IV SDN 04 Pauh. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif menunjukkan validitas materi dengan kategori sangat valid sebesar 83,3%, validitas media dengan kategori valid sebesar 80%, dan validitas bahasa dengan kategori sangat valid sebesar 86,65%. Hasil angket guru sebesar 86,6% dengan kategori sangat praktis, dan hasil angket siswa sebesar 87,69% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menghasilkan multimedia interaktif yang efektif dari hasil kerja lembar tes yang menunjukkan rata-rata yang meningkat dari persentase pre test 61,53% ke persentase post test 85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Sway pada materi transformasi energi di sekitar kita pada kelas 4 SD dinyatakan sebagai multimedia interaktif yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, APLIKASI, PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:13
Last Modified: 17 Oct 2024 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54595

Actions (login required)

View Item View Item