Hidayat, Rohman
(2024)
Perngaruh Video Tutorial Penggunaan Software Mastercam terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM di SMK Negeri 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan dua hal berikut ini. Pertama, Untuk mengetahui bagaimana tingkatan minat belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Padang setelah diberikan perlakuan media pembelajaran berbasis video tutorial. Kedua, untuk mengetahui ada atau tidak adanya suatu pengaruh yang diberikan sebelum dan setelah diberikan perlakuan media pembelajaran berbasis video tutorial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kuantitatif dan dengan metode experimen semu (quasi experimental) dan desain penelitian ini menggunakan One group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa pada kelas XII B Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan terkait pengaruh media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap minat belajar siswa dapat diambil kesimpulan 3 hal berikut ini. Pertama, nilai pretest termasuk pada kategori baik sedangkan nilai posttest termasuk pada kategori sangat baik bila ditinjau berdasarkan acuan kategori minat belajar pretest dan posttest. Kedua, pemberian media pembelajaran tersebut dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan nilai minat belajar siswa karena adanya suatu peningkatan. Ketiga, Ada pengaruh yang diberikan berdasarkan hasil hipotesis uji-t yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian media pemebelajaran berbasis video tutorial terhadap minat belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |