Efektivitas Pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII di SMP Pertiwi 2 Padang.

Haqqi ZA, Ilhamul (2024) Efektivitas Pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII di SMP Pertiwi 2 Padang. Skripsi thesis, Pendidikan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_ILHAMUL_HAQQI ZA_19004057_5684_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan di SMP Pertiwi 2 Padang pada Mata Pelajaran Informatika, ditemui beberapa permasalahan pembelajaran yang berdampak pada proses pembelajaran siswa di kelas VII diantaranya bahwa dalam proses pembelajaran informatika pada semester lalu yang pembelajarannya masih menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan guru masih menggunakan alat bantu seperti buku cetak, power point dan papan tulis untuk mengajar, adanya keterbatasan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan guru hanya menggunakan media berupa buku teks. Kemudian kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran yang bersifat pasif, untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan pembelajaran dengan memanfaatkan Youtube sebagai media belajar tambahan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran masih terbilang baru, dikarenakan guru tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup efektif untuk memanfaatkan Youtube dalam pembelajaran. Penelitian ini dirasa akan mampu menumbuhkan kemandirian peserta didik sehingga mereka akan mengalami proses belajar yang lebih bermakna serta pembelajaran pun menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika kelas VII di SMP Pertiwi 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian Pre Test dan Post Test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel diambil menggunakan teknik Sampling jenuh yang terdiri hanya dari satu kelas VII sebanyak 27 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Tes menggunakan Pre Test dan Post Test pada mata pelajaran Informatika berupa pilihan ganda dengan 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post Test kelas eksperimen yang memanfaatkan Youtube adalah 82,22 ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata Pre Test sebelum diberi perlakuan pembelajaran Youtube yaitu 60,74. Maka berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
CorrectorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: YOUTUBE, MEDIA PEMBELAJARAN, INFORMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:33
Last Modified: 16 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54545

Actions (login required)

View Item View Item