Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint-Ispring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA

Pramilinia, Suciana (2024) Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint-Ispring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_SUCIANA_PRAMILINIA_18035023_4558_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stoikiometri merupakan salah satu materi pokok dalam mata pelajaran kimia di kelas X. Materi stoikiometri adalah materi yang memuat konsep, hukum, rumus perhitungan membuat stoikiometri menjadi salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa. Menanggapi permasalahan tersebut telah ada media pembelajaran powerpoint-ispring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi stoikiometri tapi belum di uji praktikalitas dan efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran powerpointispring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi stoikiometri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel pada uji praktikalitas yaitu 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas XI, pada uji efektivitas siswa kelas X.3 SMAN 2 Lubuk Alung. Instrumen pada uji praktikalitas berupa pengisian angket dan pada uji efektivitas instrumen tes valid berbentuk objektif. Data yang diperoleh dianalisis pada uji praktikalitas menggunakan rumus Aiken, pada uji efektivitas menggunakan uji N-Gain, uji Normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada uji praktikalitas dari guru dan siswa sebesar 0,81 dengan kategori “Sangat Praktis”. Pada uji efektivitas hasil penelitian uji N-Gain diperoleh nilai N-gain sebesar 0,60 dengan kategori “Sedang”. Untuk uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk whitung pada pretest dan posttest sebesar 0,92 dan 0,93 > wtabel sebesar 0,90. Dibandingkan dengan SPSS sig. pretest dan posttest 0,059 dan 0,070 > taraf sig. 0,05 artinya data yang diperoleh berdistribusi normal. Pada uji hipotesis nilai thitung -33,49 < ttabel 2,00 serta nilai sig. 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan media pembelajaran powerpoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi stoikiometri praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Praktikalitas, Efektivitas, Media Powerpoint-Ispring, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:33
Last Modified: 16 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54544

Actions (login required)

View Item View Item