Rifsih, Sofi Ananda
(2024)
Pengembangan E-LKPD Terintegrasi PBL-STEM pada
Materi Termokimia untuk Fase F SMA/MA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD
terintegrasi PBL-STEM pada materi termokimia, serta menentukan kategori
validitas dan tingkat praktikalitas dari E-LKPD yang dikembangkan. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D. Model 4-D ini
terdapat empat tahapan yaitu define, design, develop, and disseminate, namun pada
penelitian ini dibatasi sampai pada tahap develop. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Teknik analisis untuk data
validitas menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan kepraktisan ditentukan
melalui rumus persentase. E-LKPD ini divalidasi oleh 5 orang validator diantaranya
3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 1 Solok Selatan,
untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 9 orang peserta didik
SMAN 1 Solok Selatan. Berdasarkan angket validasi yang telah dianalisis,
disimpulkan bahwa E-LKPD terintegrasi PBL-STEM pada materi termokimia yang
dihasilkan sudah valid dengan nilai V sebesar 0,90. Sedangkan nilai praktikalitas
diperoleh berdasarkan respon guru sebesar 95% dan peserta didik sebesar 88%
dengan tingkat kepraktisan sangat praktis
Actions (login required)
|
View Item |