Penggunaan Pendekatan TPACK pada Pengambangan E-LKPD berbasis PBL untuk Materi Struktur Atom Fase E SMA/MA

Melisa, Aprilia (2024) Penggunaan Pendekatan TPACK pada Pengambangan E-LKPD berbasis PBL untuk Materi Struktur Atom Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_APRILIA_MELISA_20035114_6330_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di era modern mengacu pada pembelajaran yang inovatif dalam mengkombinasikan penggunaan teknologi serta metode pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Pembelajaran inovatif berhubungan dengan kemudahan peserta didik dalam memahami dan mempelajari materi menggunakan bahan ajar yang disediakan salah satunya adalah E-LKPD. Hasil wawancara guru kimia yang dilakukan dari tiga sekolah di Kabupaten Dharmasraya menyatakan bahwa pengkombinasian bahan ajar dengan teknologi belum terealisasikan pada materi struktur atom. Hasil angket peserta didik sebesar 84,2% menyatakan bahwa materi struktur atom termasuk materi yang membosankan dan 54,8% peserta didik menyatakan hal tersebut karena bahan ajar yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD menggunakan pendekatan TPACK berbasis PBL pada materi struktur atom fase E SMA/MA yang valid dan praktis dalam membantu peserta didik memahami materi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sitiung dan FMIPA UNP dengan subjek penelitian tiga dosen kimia FMIPA UNP, dua guru kimia SMAN 1 Sitiung dan sembilan peserta didik yang telah mempelajari materi struktur atom. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Data validasi dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan data praktikalitas dianalisis dengan menentukan persentase praktikalitas dari perbandingan jumlah skor responden dengan jumlah skor maksimal. Hasil validitas E-LKPD memperoleh indeks sebesar 0,92 yang terkategori valid. Penilaian kepraktisan dua guru kimia memperoleh nilai 91,4%, sedangkan tingkat kepraktisan oleh sembilan peserta didik memperoleh nilai 84,6%. Kesimpulannya, pengembangan E-LKPD menggunakan pendekatan TPACK berbasis PBL untuk materi struktur atom fase E SMA/MA menghasilkan E-LKPD yang valid dan tingkat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainul, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorFitri, Bali YanaUNSPECIFIED
CorrectorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-LKPD, Pendekatan TPACK, model pembelajaran PBL.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:18
Last Modified: 15 Oct 2024 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54522

Actions (login required)

View Item View Item