Yaldi, Mutiara Putri
(2024)
Pengaruh E-Book Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta didik Pada Materi Usaha Energi dan
Momentum Impuls Kelas X SMAN 2 Koto XI
Tarusan.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting yang
harus dimiliki peserta didik dalam era modern ini, terutama dalam mempelajari
mata pelajaran sains seperti fisika. Namun kenyataanya ditemukan bahwa
kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah.
Faktor penyebabnya adalah metode pengajaran yang kurang menekankan pada
aspek berpikir kritis, keterbatasan akses terhadap sumber belajar yang bervariasi,
serta kurangnya motivasi peserta didik untuk berpikir secara mendalam.
Pembelajaran fisika membutuhkan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan
peserta didik, salah satunya bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksud dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah e-book Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-book terhadap kemampuan berpikir kritis
peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Koto XI Tarusan.
Jenis penelitian ini Quasi Experiment Design dengan Post-test Only Group
Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Koto XI
Tarusan tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling, dengan dua kelas sampel yaitu X MIPA 1 menggunakan ebook sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 menggunakan buku cetak biasa
untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini pada
kompetensi pengetahuan adalah tes tulis berupa essay. Data yang diperoleh diuji
dan dianalisa secara statistik menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Hasil penelitian untuk kedua aspek kompetensi menunjukkan bahwa kelas
yang menggunakan e-book memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan
dengan kelas yang tidak menggunakan e-book. Hasil uji statistik yang dilakukan
menunjukkan perbedaan rata-rata nilai kedua kelas ini memiliki keberartian pada
taraf nyata 0,05 dengan nilai thung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-book terhadap kemampua berpikir
kritis peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |