Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Peta Konsep dengan Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang

Paramita, Eca (2024) Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Peta Konsep dengan Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_ECA_PARAMITA_ECA PARAMITA_19033020_5055_2024.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tolak ukur untuk menentukan kualitas suatu negara dalam menumbuhkan kecakapan generasi penerus bangsa guna bersaing secara global dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan dunia. Seiring berjalannya waktu, guna tercapainya tujuan pendidikan nasional, pemerintah terus melakukan upaya pengembangan dan perbaikan terhadap sistem pendidikan. Upaya yang telah dilakukan pemerintah salah satunya adalah penggunaan bahan ajar untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif dan kreatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalah yang ditemukan bahan ajar yang digunakan kurang merangsang siswa untuk belajar aktif dan kreatif di dalam kelas sehingga diperoleh hasil belajar siswa yang masih rendah. Solusi yang diberikan adalah Penggunaan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Peta Konsep Dengan Model Creative Problem Solving. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan menggunakan Desain Posttest Only. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Analisis data menggunakanan program komputer SPSS v.16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pengetahuan kelas eksperimen yaitu 78,57 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 72,74. Hasil pengujian hipotesis untuk penilaian pengetahuan diperoleh nilai signifikansi 0,018 pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh bahan ajar fisika bermuatan peta konsep dengan model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Peta Konsep, Creative Problem Solving, Hasil Belajar, Fluida Dinamis
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:02
Last Modified: 15 Oct 2024 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54507

Actions (login required)

View Item View Item