Paramita, Eca
(2024)
Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Peta Konsep dengan
Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar
Siswa pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Pertiwi 1
Padang.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu tolak ukur untuk menentukan kualitas suatu
negara dalam menumbuhkan kecakapan generasi penerus bangsa guna bersaing
secara global dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan dunia. Seiring
berjalannya waktu, guna tercapainya tujuan pendidikan nasional, pemerintah terus
melakukan upaya pengembangan dan perbaikan terhadap sistem pendidikan. Upaya
yang telah dilakukan pemerintah salah satunya adalah penggunaan bahan ajar untuk
mewujudkan pembelajaran yang aktif dan kreatif yang dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Permasalah yang ditemukan bahan ajar yang digunakan kurang
merangsang siswa untuk belajar aktif dan kreatif di dalam kelas sehingga diperoleh
hasil belajar siswa yang masih rendah. Solusi yang diberikan adalah Penggunaan
Bahan Ajar Fisika Bermuatan Peta Konsep Dengan Model Creative Problem
Solving.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi
experimental design) dengan menggunakan Desain Posttest Only. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel dipilih dengan
teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Analisis
data menggunakanan program komputer SPSS v.16.0.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen
dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pengetahuan kelas eksperimen yaitu 78,57
lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 72,74. Hasil
pengujian hipotesis untuk penilaian pengetahuan diperoleh nilai signifikansi 0,018
pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, H1 diterima dan H0 ditolak, artinya
terdapat pengaruh bahan ajar fisika bermuatan peta konsep dengan model Creative
Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI
SMA Pertiwi 1 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |