Pengembangan Media Mind Map Interaktif untuk Melatih Berfikir Kausalitas Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 01 Bukit Sundi

Sari, Dara Fardian (2024) Pengembangan Media Mind Map Interaktif untuk Melatih Berfikir Kausalitas Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 01 Bukit Sundi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DARA_FARDIAN_SARI_20046044_7530_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran sejarah yang berbasis teknologi di sekolah. Pada proes pembelajaran masih berpusat pada guru dan jarang menggunakan media berbasis digital. Selain itu rendahnya kemampuan kausalitas siswa SMA N 01 Bukit Sundi dalam pembelajaran sejarah juga menjadi permasalahan yang tidak bisa diabaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Mind Map interaktif sebagai media dalam pembelajaran sejarah yang membantu berfikir kausalitas siswa SMA N 01 Bukit Sundi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri lembar validasi materi dan validasi media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 29 orang peserta didik di kelas XI Fase F SMA N 01 Bukit Sundi. Pada penelitian ini teknik analisis yang digunakan yaitu kualitatif-kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil saran dan komentar validator serta wawancara yang dilakukan kepada guru sejarah. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data praktikalitas yang diperoleh dari angket respon guru dan angket respon peserta didik serta data efektifitas untuk mengetahui keefektifan media Mind Map interaktif . Hasil penelitian pengembangan media Mind Map interaktif yang dikembangkan telah divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 86%. Berdasarkan hasil angket respon guru dan peserta didik di SMA N 01 Bukit Sundi dapat diketahui bahwa media interaktif sangat praktis dengan hasil persentase kepraktisan 97,91%, dan 92,95%. Hasil evaluasi melalui uji efektifitas dengan melakukan wawancara kepada beberapa orang peserta didik, dapat disimpulkan bahwa media Mind Map efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorAfriani, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF, MIND MAP, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:29
Last Modified: 15 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54503

Actions (login required)

View Item View Item