Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeams Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping

Rizani, Nurul Kartika (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeams Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NURUL_KARTIKA_RIZANI_19058114_4640_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping pada pembelajaran sosiologi, dengan menerapkan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini berangkat dari permasalahan dimana rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sosiologi, keaktifan bertujuan untuk mengoptimalkan pemahaman yang dimiliki peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif belajar bermakna (meaningful learning) teori ini sejalan dengan judul penelitian dimana mengharapkan memberikan kebermaknaan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran yang baru dan interaktif. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping, penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dari Mc Taggart, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini hasil menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sosiologi, hal ini dilihat dari hasil observasi keaktifan siklus I yaitu sebesar 40,61% dan siklus II sebesar 81,02%, hasil penelitian ini mengkategorikan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dikatakan tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:25
Last Modified: 11 Oct 2024 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54450

Actions (login required)

View Item View Item