Pengaruh Penerapan Penuntun Praktikum Eco-Enzyme Berbasis Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fase E di SMA Pertiwi 1 Padang

Syafmitha, Yollanda (2024) Pengaruh Penerapan Penuntun Praktikum Eco-Enzyme Berbasis Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fase E di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_YOLLANDA_SYAFMITHA_20031112_4188_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan sejumlah keterampilan dalam proses memperoleh serta mengembangkan pemahaman konsep peserta didik. Keterampilan proses sains ini perlu dikembangkan dan dipraktikkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik memiliki bekal dalam mencari dan menggali serta menyelesaikan suatu permasalahan terkait pembelajaran. Hasil studi pendahuluan di SMA Pertiwi 1 Padang diketahui bahwa keterampilan proses sains peserta didik masih tergolong rendah serta belum pernah dilaksanakannya kegiatan praktikum berbasis project based learning pada fase E, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik melalui kegiatan praktikum menggunakan penuntun praktikum berbasis project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penuntun praktikum eco-enzyme berbasis project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik fase E di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) ini menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik fase E di SMA Pertiwi 1 Padang yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas fase E 3. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan proses sains peserta didik pada saat posttest lebih tinggi dibandingkan hasil pretest. Rata-rata nilai posttest (94) dan pretest (62,2). Dari analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains peserta didik pada saat pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan, penerapan penuntun praktikum eco-enzyme berbasis project based learning berpengaruh positif berarti terhadap keterampilan proses sains peserta didik fase E di SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penuntun praktikum, eco-enzyme, project based learning, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:03
Last Modified: 14 Oct 2024 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54432

Actions (login required)

View Item View Item