Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Model CIRC Di Kelas V Sekolah Dasar

Jumaini, Jumaini (2019) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Model CIRC Di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ JUMAINI_16124036_663_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan guru kurang memuat proses membaca dengan lengkap (prabaca, saatbaca, dan pascabaca). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan model CIRC untuk kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan di SDN 18 Labuhan Tarok Kota Padang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian pengembanganmenggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap analisis, perancangan, pengembangan,implementasi,dan evaluasi. Data uji validitas diperoleh melalui lembarpenilaian respon guru dan peserta didik. Keefektifan aktivitas peserta didik memiliki rata-rata 91,02 dengan kategori sangat baik, penilaian proses mendapatkan nilai 81,72 dengan kategori sangat tinggi dan hasil belajar membaca pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model CIRC memperoleh skor 72,69 dan 83,07 dengan hasil sangat baik, dimana t-hitung lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan uji validitas, diperoleh hasil 92,96% dengan kategori sangat valid, dari segi isi bahan ajar memuat proses membaca yaitu pramembaca, saatbaca, dan pascabaca.Dilihat dari segi bahasa telah sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia, dan dari segi tikalitas dari respon guru memperoleh skor 91,25 dan respon peserta didik memperoleh skor 90,9 dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji efektifitasmendapakegrafikaan telah sesuai dengan tingkat peserta didik kelas V SD. Hasil uji praktkan hasil sangat baik. Membaca pemahamanmudah dimengerti dapat memudahkan guru dan peserta didikserta mampu meningkatkan proses dan hasil membaca peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut,dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman menggunakan model CIRC dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Oleh sebab itu diharapkan agar bahan ajar ini dapat digunakan atau dijadikan acuan dalam pembelajaran membaca pemahaman di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistiuati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorArief, DanisUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CIRC, Membaca Pemahaman, Bahan Ajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:03
Last Modified: 11 Oct 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54431

Actions (login required)

View Item View Item