Syamsaputri, Arrahmah Dea
(2024)
Analisis Kualitas Soal dan Jawaban
Pertanyaan Esai Berdasarkan Taksonomi Bloom Kelas X Fase E Materi
Dasar-dasar Geografi di SMAN 1 Kampar Riau.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui tingkatan jenis soal yang diberikan
oleh guru berdasarkan taksonomi Bloom 2) mengetahui sumber dan cara guru
dalam membuat soal 3) mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menjawab
soal berdasarkan taksonomi Bloom.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Mix metode dengan metode
campuran “Explanatory Mixed Methods Design”.Penelitian ini dilakukan di
SMAN 1 Kampar Riau. Populasi dalam penelitin ini sebanyak 373 siswa, adapun
jumlah sampel sebanyak 92 siswa dan 2 informan yakni guru geografi di SMAN 1
Kampar dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi dan wawancara.
Teknik analisis data yaitu mencocokkan soal dengan kriteria taksonomi Bloom,
wawancara, dan perhitungan presentase.
Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ulangan harian materi dasar-dasar
geografi untuk kelas X.4-X.6 di SMA Negeri 1 Kampar pada tahun ajaran
2023/2024 didominasi oleh tingkat kognitif C4 sebesar 90% dan C3 10%. 2)
penyusunan soal ulangan harian belum mempertimbangkan taksonomi Bloom
dan cenderung mengambil soal langsung dari buku paket. 3) Analisis jawaban
siswa menunjukkan bahwa cenderung menjawab dengan tingkat berfikir LOTS,
yaitu dengan presentase LOTS 85,8%, MOTS 10% dan HOTS 4,1%. Dalam
pembutan sosal guru seharusnya lebih memperhatiakan soal yang dibuat agar bisa
menjadi bahan evaluasi dalam pembelajaran oleh sebab itu analisis terhadap
instrumen penilaian guru diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan mendorong
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Actions (login required)
|
View Item |