Evaluasi Implementasi Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti

Yanti, Marlina Evi (2024) Evaluasi Implementasi Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Marlina_Evi_Yanti_20234044_6658_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti; (2) evaluasi implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdapat 3 orang yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan pustakawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi implementasi standar nasional perpustakaan No.12 Tahun 2017 di SMKN 1 Lembah Gumanti menunjukan; (a) standar koleksi yang belum sesuai dengan (SNP) adalah jumlah koleksi, jenis koleksi perpustakaan, jumlah koleksi referensi tidak terpenuhi, perawatan bahan perpustakaan belum optimal sedangkan yang sudah memenuhi standar meliputi pengelolaan bahan perpustakaan, cacah ulang dan penyiangan; (b) standar sarana dan prasarana yang belum memenuhi SNP adalah gedung, area, dan sarana prasarana sedangkan yang sudah memenuhi (SNP) adalah lokasi perpustakaan (c) standar pelayanan yang belum sesuai standar yaitu jam layanan, jenis layanan serta tidak memiliki program seperti program wajib baca, literasi informasi, dan pendidikan pemustaka, sedangkan yang sudah sesuai stadar yaitu laporan, dan kerja sama. (d) standar tenaga perpustakaan yang belum sesuai dengan standar yaitu jumlah pustakawan hanya satu orang sedangkan yang sudah sesuai dengan standar yaitu kualifikasi tenaga pustakawan dan kualifikasi kepala perpustakaan. (e) standar penyelenggaraan belum sesuai dengan standar yaitu, pendirian perpustakaan, Nomor Pokok Perpustakaan, struktur ogranisasi, program kerja belum dibuat secara terlulis, sedangkan yang sudah sesuai standar adalah penyelenggaraan perpustakaan. (f) standar pengelolaan perpustakaan yang belum sesuai dengan standar yaitu belum memiliki visi dan misi perpustakaan, sedangkan yang sudah memenuhi yaitu tujuan, kebijakan, tugas, fungsi dan anggaran perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:56
Last Modified: 02 Oct 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54315

Actions (login required)

View Item View Item