Kontribusi Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor(PMSM) Pada Kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Ulum, Miftahul (2024) Kontribusi Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor(PMSM) Pada Kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_Miftahul_Ulum_18073089_2511_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar dianggap sebagai faktor kunci yang berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kebiasaan belajar pada prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Fokus penelitian ini terletak pada hubungan antara kebiasaan belajar siswa dan tingkat prestasi belajar yang mereka capai dalam konteks kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Penelitian ini melibatkan 28 siswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik total sampling, dan data dikumpulkan melalui kuesioner serta metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dengan menggunakan regresi linier dan Correlation Pearson untuk mengidentifikasi sejauh mana kebiasaan belajar siswa berkontribusi terhadap prestasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000, yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 0.05, memberikan indikasi bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa. Koefisien korelasi Pearson sebesar 0.642 menegaskan adanya hubungan positif yang signifikan pada taraf korelasi yang kuat antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk memahami dinamika kebiasaan belajar siswa dalam konteks mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 41% terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorRifdarmon, RifdarmonUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:42
Last Modified: 01 Oct 2024 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54279

Actions (login required)

View Item View Item