Preferensi Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang Terhadap Pekerjaan dengan Menggunakan Metode Choice Based Conjoint

Sari,, Fatma (2019) Preferensi Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang Terhadap Pekerjaan dengan Menggunakan Metode Choice Based Conjoint. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_FATMA_SARI_15037011_744_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pekerjaan memiliki peranan yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan seseorang. Setelah lulus dari perguruan tinggi seorang mahasiswa tentunya menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Terdapat beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, bagi mahasiswa yang menginginkan keberhasilan dalam memilih pekerjaan di instansi dan perusahaan. Oleh karena itu mahasiswa harus mempertimbangkan kriteria pekerjaan sebelum memilih pekerjaan yang diinginkannya. Pertimbangan dalam memilih pekerjaan berkaitan dengan preferensi mahasiswa terhadap pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kriteria yang menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih atribut pekerjaan dan kombinasi atribut seperti apa yang disukai mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir FMIPA UNP yang aktif pada periode Juli-Desember 2018, yaitu yaitu mahasiswa tahun masuk 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016 yakni sebanyak 1298 orang mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah beberapa orang mahasiswa tingkat akhir FMIPA UNP yang aktif pada periode Juli – Desember 2018, yaitu mahasiswa tahun masuk 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016 yakni sebanyak 93 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Konjoin dengan menggunakan metode Choice Based Conjoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut yang mempengaruhi preferensi mahasiswa terhadap pekerjaan adalah gaji, jam kerja, lokasi tempat kerja, masa depan di tempat kerja, dan keuntungan. Kombinasi atribut pekerjaan yang paling diminati mahasiswa FMIPA UNP adalah gaji lebih dari upah minimum provinsi, jam kerja 8 jam dan 5 hari dalam seminggu, tempat kerja yang dekat dengan fasilitas umum, memberikan kesempatan untuk pengembangan karir, dan mendapatkan keuntungan berupa dana pensiun dan bonus. Kombinasi atribut pekerjaan yang tidak diminati mahasiswa FMIPA UNP adalah gaji sesuai dengan upah minimum provinsi, jam kerja 7 jam dan 6 hari dalam seminggu, tempat kerja yang jauh dari fasilitas umum, batu loncatan untuk pekerjaan yang lebih baik, dan mendapatkan keuntungan berupa asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Atribut yang dianggap paling penting bagi mahasiswa FMIPA UNP dalam melihat kriteria yang menjadi pertimbangan mahasiwa dalam memilih pekerjaan adalah atribut lokasi tempat kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Choice Based Conjoint; Preferensi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:17
Last Modified: 25 Sep 2024 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54119

Actions (login required)

View Item View Item