Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci

Nasution, Ardimin (2022) Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ARDIMIN_NASUTION_18086086_1976.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi di SDN Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh, Usaha Kesehatan Sekolah belum tercapai, Hal ini mungkin dipengaruhi beberapa faktor seperti, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mengetahui Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui instrumen penilaian sekolah sehat. Penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif, dengan melakukan observasi secara langsung di SD Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh sebanyak 6 sekolah. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah 4 dari populasi sebanyak 6 sekolah dengan teknik pengambilan secara pueposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan mengisi instrument penilaian dari KEMENKES RI yang dilakukan oleh peneliti. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi. Hasil penelitian Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh tingkat capaian menunjukkan: 1) Pendidikan kesehatan klasifikasi penilaiannya “cukup”, 2) Pelayanan kesehatan klasifikasi penilaiannya “cukup”, 3) Pembinaan lingkungan sekolah sehat klasifikasi penilaiannya “cukup”. Hasil Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Gugus II dan Gugus III Kecamatan Gunung Tujuh berada dalam klasifikasi “cukup”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaslindo, YaslindoUNSPECIFIED
CorrectorDarni, DarniUNSPECIFIED
CorrectorEldawaty, EldawatyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Usaha Kesehatan Sekolah Layanan Kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:02
Last Modified: 25 Sep 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54109

Actions (login required)

View Item View Item