Analisis Prediksi Fragmentasi Batuan dengan Menggunakan Model Rock Engineering System (RES) pada Kegiatan Peledakan Batugamping di PT. Taruna Nusa Tama Jobsite PT. Diamond Alfa Propertindo Provinsi Sulawesi Tenggara

Syafri, Arya Alvito (2024) Analisis Prediksi Fragmentasi Batuan dengan Menggunakan Model Rock Engineering System (RES) pada Kegiatan Peledakan Batugamping di PT. Taruna Nusa Tama Jobsite PT. Diamond Alfa Propertindo Provinsi Sulawesi Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_Arya_Alvito_Syafri_20137015_4562_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fragmentasi batuan telah menjadi perhatian dari banyak penelitian karena dianggap sebagai aspek yang paling penting dalam peledakan karena hal ini mempengaruhi biaya pengeboran, peledakan, dan efisiensi dari semua subsistem seperti pemuatan, pengangkutan, dan peremukan pada operasi penambangan. Hasil observasi pada bulan September tahun 2023, kegiatan peledakan di PT. TNT pada jobsite PT. DAP menghasilkan persentase ukuran boulder yang bervariasi mulai dari 15,02% sampai 63,44% dengan rata-rata 27,2%. Prediksi fragmentasi batuan sangat diperlukan dikarenakan hasil peledakan sangat berpengaruh terhadap aktivitas penambangan selanjutnya (loading dan hauling) sehingga berakibat ke target produksi nantinya. Oleh karena itu model Rock Engineering System dengan 10 parameter akan digunakan dalam penelitian ini untuk memprediksi fragmentasi hasil peledakan seperti yang dilakukan peneliti-peneliti sebelumnya. Hasil analisa menyatakan bahwa model RES memiliki nilai R 2 0,66 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara fragmentasi aktual dengan prediksi model RES. Selain itu, hasil evaluasi didapatkan bahwa model ini hanya memiliki nilai RMSE 8,46 yang berarti kemungkinan error nya kecil sehingga cocok digunakan untuk memprediksi ukuran fragmentasi batuan hasil peledakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:59
Last Modified: 20 Sep 2024 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54054

Actions (login required)

View Item View Item