Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 2 Kota Payakumbuh

Fefen, Zukruf (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 2 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ZUKRUF_FEFEN_4381_4381_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini sangat penting dikuasai oleh peserta didik, karena hal ini akan membantu peserta didik dalam mengingat pelajaran matematika dalam jangka waktu yang lama. Namun, pada kenyataannya pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Payakumbuh masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Kota Payakumbuh selama diterapkannya model pembelajaran Students Teams Achievement Division dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Students Teams Achievement Division lebih baik dari pada menggunakan model konvensional di kelas XI MIPA di MAN 2 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Kota Payakumbuh dengan kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 1 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuis dan tes pemahaman konsep matematis dalam bentuk essay (uraian). Berdasarkan rata-rata nilai kuis, pemahaman konsep matematis peserta didik mengalami fluaktif pada indikator 1, 3, 4, 7, dan 8. Berdasarkan analisis data tes akhir pemahaman konsep dengan menggunakan uji Mann Whitney, diperoleh . Karena maka tolak . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik daripada model pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA MAN 2 Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LoggomUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2024 09:44
Last Modified: 13 Sep 2024 09:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54022

Actions (login required)

View Item View Item