Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Stokiometri Kelas X SMA

Hanika, Sulta (2023) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Stokiometri Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SULTA_HANIKA_18035041_382_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PowerPoint-iSpring merupakan salah satu media berbasis teknologi yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Pemberian Pertanyaan penuntun diharapkan siswa dapat menemukan konsep secara mandiri melalui latihan dan soal-soal yang ada pada media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi stoikiometri kelas X SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang dilaksanakan sampai tahap pembentukan prototipe III, karena keterbatasan waktu dan tenaga peneliti. Media yang sudah dirancang dilakukan evaluasi diri sendiri oleh peneliti untuk mengetahui kelengkapan komponen suatu media. Kemudian dilakukan penilaian oleh para ahli yang terdiri dari empat orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 10 Padang. Tahap evaluasi per orangan (one to one evaluation) dilakukan oleh tiga orang siswa SMAN 10 Padang dengan kemampuan yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket, lembar wawancara dan lembar validitas. Lembar validitas dianalisis menggunakan formula Aiken V dengan kategori ≥0,79 adalah valid dan jika <0,79 adalah tidak valid. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata Aiken V media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi stoikiometri untuk validitas konten sebesar 0,88 validitas konstruk sebesar 0,87 dan validitas kualitas teknis sebesar 0,93 dengan masing-masing validitas dikategorikan valid. Hasil one to one evaluation yang diperoleh dari 3 orang siswa adalah bagus, dengan saran yaitu lebih baik jika media ini ukurannya kecil sehingga bisa di install di perangkat tanpa butuh ruang yang besar serta gambar yang menutupi tulisan penjelasan materi lebih baik di perbaiki lagi tata letaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspani, GuspaniUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YurimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POWERPOINT-ISPRING, PERTANYAAN PROMPTING, STOIKIOMETRI, MODEL PLOMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:43
Last Modified: 12 Sep 2024 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54006

Actions (login required)

View Item View Item