Analisis Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Gerak Parabola Menggunakan Instrumen Six-Tier Multiple Choice di MAN Kota Padang

Hidayat, Rahman (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Gerak Parabola Menggunakan Instrumen Six-Tier Multiple Choice di MAN Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RAHMAN_HIDAYAT_18033077_4487_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah berdasarkan kurikulum 2013 diharapkan ketercapaian pemahaman konsep yang baik pada setiap materi. Pemahaman konsep yang kuat tetapi bertentangan dengan teori yang ada membuat siswa mangalami miskonsepsi. Salah satu miskonsepsi yang sering ditemui pada pembelajaran fisika yaitu materi gerak parabola. Selain miskonsepsi, guru juga perlu mengetahui penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi miskonsepsi yang dialami siswa dan mengetahui penyebabnya pada materi gerak parabola. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen Six-Tier Multiple Choice yang terdiri dari 18 butir soal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN di Kota Padang dengan jumlah sampel 514 orang siswa. Hasil penelitian ini dari 3 MAN yang ada di Kota Padang didapatkan ratarata miskonsepsi sebesar 28,0%. Hasil penelitian pada masing-masing sekolah didapatkan 29,2% miskonsepsi terjadi di MAN 1 Kota Padang, 26,6% miskonsepsi terjadi di MAN 2 Kota Padang dan 25,8% miskonsepsi terjadi di MAN 3 Kota Padang. Pemikiran pribadi siswa menjadi penyebab utama terjadinya miskonsepsi dengan persentase 45,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:48
Last Modified: 12 Sep 2024 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54000

Actions (login required)

View Item View Item