Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Benzena dan Turunannya Fase F

Perwasih, Reni (2024) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Benzena dan Turunannya Fase F. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RENI_PERWASIH_17035037_4084_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi pendidikan merupakan bidang terapan yang tengah popular saat ini. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan dapat berupa media pembelajaran berbasis multimedia yang akan lebih memudahkan peserta didik dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran kimia yang banyak mempelajari mengenai konsep-konsep abstrak dikarenakan dapat mencakup keempat level representasi pembelajaran. Salah satu maetri kimia yang mengandung konsep abstrak adalah benzena dan turunannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi benzena dan turunannya fase F. Jenis penelitian yang dilakukan adalah peelitian Research & Development (R&D) menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahapan preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (pembentukan konsep), dan Assessment Phase (Tahap Uji Coba dan Penilaian). Penelitian ini dilakukan hingga tahap prototyping phase (pembentukan konsep) yaitu pada prototipe 3 dengan melakukan uji validitas dan uji coba satu-satu (one to one evaluation) terhadap prototipe 2 sehingga terbentuk prototipe 3. Uji validasi dilakukan oleh 7 validator yang terdiri dari 6 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 1 orang guru kimia SMAN 1 X Koto menggunakan sebuah angket validasi. Teknik analisis data uji validasi menggunakan indeks Aiken’s V dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,91 untuk validitas konten, 0,89 untuk validitas konstruk, dan 0,92 untuk validitas technical quality dengan kategori keseluruhan adalah valid. Uji coba satu-satu (one to one evaluation) dilakukan terhadap tiga orang peserta didik fase F di SMAN 1 X Koto dengan memberikan lembar wawancara dan didapatkan respon baik terhadap media PowerPoint-iSpring yang dikembangkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint-iSpring yang dikembangkan telah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT- ISPRING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:32
Last Modified: 11 Sep 2024 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53991

Actions (login required)

View Item View Item