Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik di SMAN 2 Padang

Hastuti, Shinta Fuji (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik di SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Shinta_Fuji_Hastuti_19033130_4217_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kolaborasi peserta didik belum terlaksana dengan baik didalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest only design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data kemampuan kolaborasi peserta didik diambil dengan menggunakan lembar observasi penilaian kemampuan kolaborasi peserta didik yang dianalisis secara deskrptif. Untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik diuji menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan kolaborasi yang memiliki presentase tertinggi yaitu indikator manajemen waktu dengan kriteria baik sedangkan presentase indikator kemampuan kolaborasi peserta didik yang rendah adalah teknik penyelidikan dengan kriteria cukup. Hasil hitung uji paired sample t test yang diperoleh sebesar -41,78 dan nilai t tabel dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 adalah -1,995 sehingga diperoleh -t tabel ≥ t hitung ≥ t tabel . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:48
Last Modified: 12 Sep 2024 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53987

Actions (login required)

View Item View Item