Pengembangan E-modul Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Fase E (Kelas X)

Latifah, Nanta Ristia Rahmatul (2024) Pengembangan E-modul Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Fase E (Kelas X). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NANTA_RISTIA_RAHMATUL_LATIFAH_19035032_3891_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kimia hijau berbasis problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching pada fase E (kelas X). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan jenis penelitian Educational Design Research (EDR). Tahapan penelitian ini dibatasi hingga tahap prototyping phase pada uji small group. Uji validitas dilaksanakan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMA N 2 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh guru SMA N 2 Padang dan 15 orang peserta didik fase E kelas X. Instrumen penelitian untuk validitas isi menggunakan Content Validity Ratio (CVR), uji validitas konstruk dan media serta uji praktikalitas menggunakan formula Aiken’s V. Hasil analisis validitas konstruk dan validitas media dari e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid sebesar 0,863 dan 0,867, nilai CVR yang didapatkan pada validitas isi sebesar 1,00 dengan kategori sangat baik. Adapun hasil analisis praktikalitas guru dan peserta didik sebesar 94% dan 95% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data validitas dan praktikalitas tersebut menandakan bahwa e-modul kimia hijau berbasis problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching yang dikembangkan berada dalam kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:09
Last Modified: 11 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53986

Actions (login required)

View Item View Item