Efektivitas Sistem Pembelajaran Flipped-Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Kelas XII SMA/MA

Rosalinda, Imelda (2024) Efektivitas Sistem Pembelajaran Flipped-Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_IMELDA_ROSALINDA_17035096_4024_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas system pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat koligatif larutan untuk kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent control group design. Studi ini melibatkan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel 60 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, kelas eksperimen memiliki nilai N-gain 0,73 dan kelas kontrol memiliki nilai N-gain 0,56. Sesuai dengan nilai N-gain, tingkat efektivitas kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi, dan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya hipotesis diuji menggunakan uji-t, didapatkan nilai t-hitung sebesar 4,75 dan t-tabel sebesar 2,048 yang berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa system pembelajaran flipped classroom berbasis inquiry terbimbing pada materi sifat koligatif lautan untuk siswa kelas XII SMA/MA efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:09
Last Modified: 11 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53985

Actions (login required)

View Item View Item