Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Rupa Membuat Pop-up Book Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang

Dellava, Sabilla Nurul Amanda (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Rupa Membuat Pop-up Book Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SABILLA_NURUL_AMANDA_DELLAVA_20129070_3636_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran seni rupa dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga siswa siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Guru masih belum melaksanakan proses belajar dengan menggunakan model PJBL, sehingga berakibat terhadap hasilbelajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni rupa membuat pop-up book menggunakan model project Based lEarning (PJBL) di kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Disetiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dikelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang dengan jumlah 23 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, dilihat dari aspek Modul Ajar di siklus I diperoleh rata-rata 89,58% dengan kualifikasi baik (B) sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 95,83% dengan kualifikasi sangat baik (A). Pelaksanaan pengamatan aspek guru pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata 84,17% dengan kualifikasi baik (B). Sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 92,18% dengan kualifikasi sangat baik (A). Pelaksanaan pengamatan siswa memperoleh hasil yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata 82,81% dengan kualifikasi baik (B). Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 89,06% dengan kualifikasi baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 79,25 dengan kualifikasi cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,25 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian menggunakan model Project Based Learning (PJBL) sudah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran seni rupa membuat pop-up book di kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:39
Last Modified: 11 Sep 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53976

Actions (login required)

View Item View Item