Efektifitas Penggunaan Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk pada Anak GPPH (Single Subjct Research Kelas V SDN 6 PIAI Tangah)

Handalusia, Rurri (2024) Efektifitas Penggunaan Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk pada Anak GPPH (Single Subjct Research Kelas V SDN 6 PIAI Tangah). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RURRI_HANDALUSIA_19003030_3199_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan yang dialami siswa GPPH yang tidak mampu untuk bertahan duduk didalam pembelajran. Sehingga dengan demikian siswa ini perlu untuk diberikan intervensi dalam meningkatkan ketahanan duduk didalam pembelajran serta juga memberi semangat dalam mengikuti pembelajaran. Token ekonomi merupakan suatu metode yang dapat digunakan dalam modivikasi perilaku yang dilakukan dengan pemberian tabungan kepingan (token) kepada anak ketika anak menunjukkan suatu perilaku yang diinginkan, token yang diperoleh oleh anak ini nantinya dapat ditukar dengan reward yang telah disediakan. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan apakah token ekonomi efektif dalam meningkatkan kethanan duduk pada siswa kelas V SD Negeri 06 Piai Tangah Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan yat=itu ekssperimen berbentuk SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Pengamatan pada kondisi A1 (Baseline) dilakukan 3 kali pertemuan, pada kondisi B (Intervensi) dilakukan 6 kali pengamatan, namun pada kondisi A2 (Baseline) dilakukan 3 kali pertemuan. Pada pengamatan, dan alat pengumpulan datanya berupa format pencatatan perilaku anak dalam interval waktu. Analisis datanya menggunakan teknik visual grafik. Pada kondisi A1 (Baseline) dilakukan pengamatan nilai persentase occurance 0%, 0%, 0% dalam interval waktu 10 menit sebanyak tiga fase. Saat kondisi B (Intervensi) dilakukan pengamatan dengan nilai persentase occurance 33,3%, 0%, 33,3%, 66,6%, 66,6%, 66,6dalam interval waktu 10 menit sebanyak tiga fase. Namun pada kondisi A2 (Baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai persentase occurance 66,6%, 66,6%, 66,6% dalam interval waktu 10 menit sebanyak tuga fase. Berdasarkan dengan hasil analisis data, bahwasanya hasil penelitian membuktikan penggunaan token ekonomi efektif dalam meningkatkan ketahanan duduk anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:39
Last Modified: 11 Sep 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53975

Actions (login required)

View Item View Item